Header Ads

Anies Ungkap 4 Syarat Gelar Resepsi Pernikahan di Tengah Wabah Virus Corona, Salah Satunya Pengantin Wajib Siapkan Ruang Isolasi

JAKARTA - Kewaspadaan akan virus corona COVID-19 terus ditingkatkan seiring dengan bertambahnya pasien positif dan korban tewas.

Anies Ungkap 4 Syarat Gelar Resepsi Pernikahan di Tengah Wabah Virus Corona, Salah Satunya Pengantin Wajib Siapkan Ruang Isolasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan empat imbauan terhadap pasangan yang tetap menggelar pernikahan mereka di tengah wabah virus corona COVID-19.* /Kolase Instagram/@aniesbaswedan dan pixabay

Pemerintah pusat dan daerah terus berupaya melindungi warga dengan menyosialisasikan cara-cara menghindari virus tersebut.

Salah satunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga memberikan imbauan terhadap gelaran pesta pernikahan.

Pasalnya, pesta pernikahan merupakan salah satu acara yang mengumpulkan sejumlah besar orang di dalam satu ruangan.

Hal ini bisa memudahkan virus berpindah dari satu orang ke yang lainnya. Alhasil, Anies meminta semua pasangan yang akan menggelar pesta tersebut untuk menundanya.

Namun, apabila harus dilaksanakan sesuai rencana, mereka perlu mengikuti persyaratan yang dimintanya demi mencegah tersebarnya virus COVID-19.

Dikutip dari PikiranRakyat-Bekasi.com, terdapat empat hal yang perlu dipatuhi sebagai langkah pencegahan virus corona.

"Pertama, penyelenggara harus menyiapkan petugas pemeriksa suhu tubuh untuk para tamu, sebelum diperkenankan memasuki ruang acara," kata Anies.

Kedua, pengantin yang menyelenggarakan gelaran itu tak cuma mendeteksi secara dini, tetapi juga menyediakan ruang isolasi khusus untuk tamu yang sakit.

"Ruang isolasi harus disiapkan untuk tamu yang ditemukan tidak sehat sehingga bisa diantarkan ke ruang itu," ujarnya.

Ketiga, mantan Rektor Universitas Paramadina ini meminta pengantin juga selalu menyiapkan hand-sanitizer pada akses keluar-masuk tamu.

Terakhir, lelaki yang mengagas gerakan Indonesia Mengajar ini berharap pasangan pengantin dan keluarga selalu mengawasi tamu resepsi dan tak melakukan kontak fisik.

Berjabat tangan perlu dihindari agar dapat mencegah penyebaran virus corona.

"Tidak boleh jabat tangan, lakukan interaksi sebisa mungkin tanpa bersentuhan," tambahnya.

Anies pun meminta masyarakat untuk tidak meremehkan virus ini agar tak menjadi wabah yang membahayakan

"Saya berpesan kepada semua penyelenggara acara pernikahan, prosedur itu harus dilaksanakan dengan disiplin dan jangan merendahkan risiko penularan," imbaunya.*** (Bayu Nurulah/Pikiran Rakyat Bekasi)

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Pesta Pernikahan Adat Karo (Irsan Barus dan Ester Sembiring)



Sumber: pikiran-rakyat
loading...

No comments

Powered by Blogger.