Header Ads

Biasakan 7 Hal Ini saat Masuk Rumah di Tengah Pandemi Corona COVID-19

SETELAH bepergian terkadang orang malas bersih-bersih diri, termasuk mandi. Tapi di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 ini ada beberapa hal yang harus diingat agar Anda tak membawa pemicu penularan penyakit loh.

Biasakan 7 Hal Ini saat Masuk Rumah di Tengah Pandemi Corona COVID-19
Ilustrasi. (Foto: Ewalthtraining)

Sementara itu, guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, pemerintah bahkan telah mengeluarkan sejumlah protokol dan pedoman yang dapat dilakukan masyarakat. Salah satunya Protokol Kedatangan Sampai di Rumah Dari Bepergian.

Protokol ini turut disosialisasikan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui situs resminya. Setidaknya ada 7 langkah yang harus dilaksanakan masyarakat sesaat sebelum memasuki rumah setelah beraktivitas di luar.

Berikut rangkumkan ulasannya, seperti yang dilansir okezone.com Selasa (24/3/2020):

1. Membuka sepatu di depan pintu sebelum memasuki rumah.

2. Tuangkan atau semprotkan alkohol disinfektan pada sepatu yang baru saja digunakan.

3. Disinfektan juga bisa diaplikasikan pada pakaian, ponsel, kacamata, kunci, perangkat kerja, laptop, dan benda-benda lainnya.

4. Membuang tanda terima pembelian, kuitansi, bon-bon, kertas-kertas yang bisa dibuang.

5. Jangan lupa mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun.

6. Masyarakat juga diimbau untuk membuka pakaian dan langsung tempatkan pakaian kotor tersebut di keranjang khusus, atau dimasukkan ke dalam mesin cuci. Ingat, jangan menyentuh apapun, tubuh Anda kemungkinan masih membawa bakteri atau virus dari luar rumah.

7. Jangan lantas duduk di kursi atau tempat tidur. Sebaiknya Anda langsung membersihkan diri (mandi). Barulah bisa dikatakan aman untuk bercengkerama dan bermain bersama keluarga.

Meski terlihat sederhana, protokol ini setidaknya dapat meminimalisir risiko penyeberan virus corona atau COVID-19 kepada keluarga Anda di rumah. Apalagi bila Anda memiliki anggota berusia lanjut, anak-anak, atau mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah serta penyakit penyerta (komorbid).

Seperti diketahui, virus corona COVID-19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional dan pandemi global. Penyebaran virus ini tergolong sangat masif dan kian meresahkan.

Di Indonesia sendiri, hingga hari ini Senin 23 Maret 2020, jumlah pasien positif corona tercatat mencapai 579 orang dengan 49 orang di antaranya meninggal dunia.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Wisata Air Terjun Sipiso Piso di Tanah Karo - Air Terjun Tertinggi di Indonesia



Sumber: okezone
loading...

No comments

Powered by Blogger.