Header Ads

Dulu Ikut Ibunya Ke Yogyakarta, Raja Belanda Berkunjung untuk Kedua Kali dengan Kondisi yang Sudah Berbeda

WARTAGAS - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti mengunjungi Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu 11 Maret 2020.

Dulu Ikut Ibunya Ke Yogyakarta, Raja Belanda Berkunjung untuk Kedua Kali dengan Kondisi yang Sudah Berbeda
Raja Belanda Willem Alexander (kedua kiri) dan Ratu Maxima (kiri) berfoto bersama Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X (kedua kanan) dan GKR Hemas (kanan) saat melakukan kunjungan di Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020). Kunjungan Raja Belanda di Keraton Yogyakarta tersebut merupakan rangkaian kunjungannya di Indonesia. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc. /Andreas Fitri Atmoko

Willem dan Maxima tiba di Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.52 WIB. Memasuki regol atau pintu gerbang Keben, keduanya disambut empat puteri Sultan HB X, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Bendara, dan GKR Mangkubumi.

Selanjutnya, Sultan HB X yang mengenakan baju takwa dengan kuluk di kepalanya menyambut Willem dan Maxima di Regol Donopratopo didampingi permaisuri GKR Hemas. Dalam kesempatan itu, tampak pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tak lama berselang, Sultan HB X mengajak keduanya berbincang di Gedong Jene yang berada di kompleks inti Keraton Ngayogyakarta. Sekitar 30 menit kemudian, kedua raja dan ratu itu bertukar cenderamata dan berfoto bersama di teras Gedong Jene.

Mereka kemudian dipersilakan duduk di Bangsal Kencana untuk menyaksikan Beksan Lawung Ageng. Tarian ini merupakan tari putra gagah yang bercerita tentang semangat berlatih para prajurit keraton zaman Sri Sultan HB I.

Sebelum mengakhiri kunjungan di Keraton Ngayogyakarta, Raja Willem dan Ratu Maxima dipersilakan melakukan santap siang di Bangsal Manis.

Raja Keraton Yogyakarta Sultan HB X mengatakan tidak ada yang secara khusus dibicarakan bersama Raja Willem.

"Hanya sekadar ngobrol saja," kata Sultan.

Hanya saja, kata Sultan, Willem sempat mengenang kala ia menemani ibundanya, Ratu Beatrix saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

"Ya beliau untuk kedua kalinya kembali ke sini. Hanya dulu ikut ibunya, sekarang datang sendiri bersama ratu dalam kondisi yang berbeda," ucapnya.

Kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Keraton Yogyakarta merupakan bagian rangkaian lawatannya di Indonesia. Sebelumnya, Willem dan Maxima juga bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat pada Selasa 10 Maret 2020.*


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Liburan: Pantai Nglambor Spot Terbaik Untuk Snorkeling di Jogja



Sumber: Pikiran-rakyat
loading...

No comments

Powered by Blogger.