Header Ads

WHO Surati Presiden Jokowi Terkait Virus Korona

JAKARTA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom menyurati Presiden Joko Widodo untuk segera menetapkan status darurat nasional pandemi virus korona atau Covid-19 di Indonesia.

WHO Surati Presiden Jokowi Terkait Virus Korona
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom (Foto: Okezone.com/Istimewa)

Selain itu, WHO menyarankan edukasi aktif serta komunikasi risiko secara luas kepada publik tentang penularan virus korona.

Surat tersebut juga menyebut Indonesia seharusnya menyediakan fasilitas pengawasan serta pengujian, terutama menggunakan fasilitas rumah sakit di setiap daerah.

Begitu juga langkah penelusuran terhadap kontak, pengawasan, serta karantina terduga pasien terinfeksi Covid-19.

"Saya juga turut berterimakasih apabila Indonesia berkenan memberikan informasi lengkap terkait langkah pendekatan, pengawasan, penelurusan kontak, hingga rangkuman serta data kondisi pasien," kata Tedros dalam surat bertanggal 10 Maret 2020 yang diterima Okezone, Jumat (13/3/2020).

WHO merasa berhak mengetahui informasi tersebut untuk melakukan penilaian risiko penyebaran virus korona di Indonesia. Selain itu, WHO menyebut informasi itu menjadi dasar koordinasi dan kolaborasi secara efektif bersama Kementrian Kesehatan dan pihak terkait.

Respons positif Pemerintah Indonesia kepada permintaan WHO ini diharapkan, sebagai salah satu komitmen terhadap jaminan kesehatan secara global.

Tedros juga menyebut Direktur Regional WHO sudah mengirimkan permintaan serupa secara langsung kepada Kementerian Kesehatan untuk membuka kerjasama dalam penanganan wabah ini.


WHO Menyatakan Virus Korona sebagai Pandemi, Apa Artinya?

WHO Menyatakan Virus Korona sebagai Pandemi, Apa Artinya?
Ilustrasi partikel Covid-19. (Foto/WebMD)

WHO menggolongkah virus korona atau Covid-19 sebagai pandemi, penyakit menular yang menyebar dari satu orang ke orang lainnya di banyak negara pada waktu yang bersamaan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengukuhkan bahwa wabah virus korona sekarang adalah pandemi setelah sebelumnya ia tidak menggunakan kategori itu selama beberapa minggu.

"WHO mengawasi wabah ini sepanjang hari penuh dan kami sangat khawatir karena tingginya tingkat penyebaran dan tingkat keseriusan, dan khawatir karena minimnya tindakan yang diambil.

"Oleh karena itu, kami menetapkan bahwa Covid-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi," kata Ghebreyesus pada Rabu (11/03).

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Wow! Penari Cantik nan Seksi Berlenggak-Lenggok Iringi Acara Resepsi Pernikahan




Sumber: okezone
loading...

No comments

Powered by Blogger.