Header Ads

Ridwan Kamil Beberkan 9 Program Bantuan Sosial COVID-19 selama PSBB

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan beberapa kawasan untuk diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat.

Ridwan Kamil Beberkan 9 Program Bantuan Sosial COVID-19 selama PSBB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam jumpa pers soal PSBB Bodebek di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 12 April 2020. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Pembatasan yang telah diterapkan oleh Ridwan adalah kawasan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) pada 15 April 2020 lalu dan akan melakukan PSBB di wilayah Bandung Raya pada 22 April 2020 mendatang.

Ridwan Kamil pun menjelaskan mengenai program bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak dari virus corona atau COVID-19.

Dalam survei zona ekonomi menengah ke bawah terdapat beberapa persentase, salah satunya ada yang paling miskin di kelompok paling bawah.

"Pemerintah membantu mereka yang miskin dengan namanya Kartu PKH dan sembako itu berada kurang lebih di 25 persen ekonomi paling bawah, itu dibantu rutin oleh APBN," ujar Ridwan Kamil dikutip dalam video pada akun Instagram @ridwankamil.

Ia pun menjelaskan akibat munculnya pandemi virus corona, masyarakat pada kelompok 40 persen yang awalnya memiliki penghasilan yang pas-pasan menjadi miskin.

Mereka tidak memerlukan bantuan dari pemerintah dan sudah memiliki penghasilan.

"Karena covid mereka pekerjaannya hilang, penghasilannya hilang, maka mereka punya potensi menjadi kelompok yang jatuh miskin," lanjutnya.

Sehingga bagi kelompok dari 25 hingga 40 persen akan dibantu oleh dana dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kota atau Kabupaten.

Mantan Wali Kota Bandung ini pun menjelaskan mengenai 9 bantuan yang diberikan pemerintah saat pelaksanaan PSBB di wilayah Jawa Barat.

"Ada 9 program bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Pertama ada Program Keluarga Harapan (PKH) dan kedua ada Kartu Sembako.

Bantuan tersebut sudah disalurkan pemerintah sebelum munculnya pandemi virus corona bagi keluarga miskin, sehingga bagi penerima bantuan nomer 1 dan 2 tidak akan mendapatkan bantuan lainnya.

"Karena sudah dibantu sejak Januari dan akan dibantu sampai Desember," ujar Ridwan.

Ketiga terdapat Bantuan Presiden yang diperuntukan pada wilayah Jabodetabek dan perantau agar tidak mudik ke kampung halamannya.

Keempat, Kartu Prakerja, bantuan ini dikhusukan bagi pengangguran atau korban PHK akibat virus corona.

"Kelima, Dana Desa, jika terdampak dan KTP dan tinggal di desa, 30 persen dana desa sudah ditugaskana untuk membantu warga yang terdampak," ujarnya.

Keenam, Bantuan Kementerian Sosial di mana bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki pekerjaan umum seperti pegiat seni, supir angkot, dan lain-lain yang terdampak dan tidak memiliki penghasilan akibat virus corona.

Ketujuh Bantuan Provinsi, dan kedelapan Bantuan Sosial dari Kota atau Kabupaten.

Kesembilan Nasi Bungkus, bantuan ini dikhususkan bagi mereka yang tidak memiliki KTP, KK atau sektor informasi lainnya dan tidak tersurvei.

"Misalkan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan lain-lain yang tidak masuk data, maka ada program kemanusiaan untuk memberikan makanan namanya Nasi Bungkus," ujar Ridwan.***

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Ketika Benji Anjing Ganteng Bertemu dengan Kelinci di Pekarangan (Taman)



Sumber: pikiran-rakyat
loading...

No comments

Powered by Blogger.