Header Ads

Inilah Logo dan Nyanyian Orientasi Pelayanan HKBP Tahun 2020

PENJELASAN LOGO

Inilah Logo dan Nyanyian Orientasi Pelayanan HKBP Tahun 2020


1. Salib Kristus yang berada di sentral logo Tahun Zending (di pusat dunia) ini menjelaskan, bahwa :
1.1. Setelah Allah berulang kali dan dalam belbagai cara berbicara kepada nenek moyang dengan perantaraan nabi – nabi, maka zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan anakNya (Ibrani 1 : 1 -3)
1.2. Allah siap berubah dan mereposisi diri dengan mengambil rupa seorang hamba. Merendahkan diri dan taat sampai mati bahkan sampai mati di kayu salib (ban. Filipi 2 : 7 – 8).
1.3. Puncak reposisi Allah di dalam Yesus Kristus untuk menjangkau dunia dan menerangi seluruh dunia, ini menjadi dasar tema Tahun Zending HKBP 2020: Reposisi Pekabaran Injil.

2. Garis Paranada dengan birama, notasi dan penggalan lagu “Ingkon Boanonta Barita” (BE. No.666), yang mengelilingi (merangkul) dunia, menjelaskan, bahwa:
2.1. Tugas dan Panggilan Gereja adalah membawa berita reposisi Allah di dalam Salib. Berita itu menyentuh seluruh aspek kehidupan (keduniawian) dan berproses menjangkau seluruh dunia.
2.2. Ibarat menggubah lagu yang indah, untuk membangun pewartaan kabar gembira menjadi sebuah nyanyian Tuhan bagi orang asing yang memang membutuhkannya, pertama-tama dituntut kesadaran mereposisi diri agar kita mampu mereposisi pewartaan kabar gembira yang kontekstual: sesuai kebutuhan konteks.
2.3. Itu merupakan pergumulan terus menerus yang dirumuskan HKBP menjadi subtema: “Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri orang asing?” (Mazmur 137 : 4).

3. Warna biru (kedamaian/damai sejahtera) dan kuning (sukacita) di antara garis paranada yang mengelilingi dunia menjelaskan, bahwa:
3.1. Damai sejahtera dan sukacita merupakan dua karakter kabar gembira dan keduanya itu sangat dibutuhkan oleh orang asing.
3.2. Membangun damai sejahtera dan membawa sukacita dapat menjadi criteria pewartaan kita bagi orang asing (di tengah – tengah masyarakat yang multi – pluralistic).

4. Simbol sinyal yang keluar berada di bawah salib Kristus menjelaskan, bahwa:
4.1. Fenomena kehidupan millennial di era revolusi industry 4.0, yang diperlihatkan oleh symbol sinyal, merupakan konteks Pekabaran Injil masa kini yang harus disikapi dengan tepat dalam terang salib kristus.
4.2. Kemampuan memanfaatkan peluang dan mengantisipasi tantangan Revolusi Industri 4.0 haruslah berangkat dari keyakinan yang kokoh kepada Yesus Kristus, yang berdoa agar iman kita tidak gugur (Lukas 22 : 32, tepa Rapat Pendeta HKBP 2019).
4.3. Keyakinan itulah yang menjadi kekuatan kita dan memampukan kita memanfaatkan teknologi untuk kesejahteraan manusia dan bagi kemuliaan Tuhan.

5. Kumpulan orang – orang mengelilingi dunia dengan mengenakan pakaian koor (choir robe) menjelaskan, bahwa orang yang bersyukur atas kabar gembira bersama – sama membangun arak – arakan dan koor raksasa untuk menyanyikan nyanyian Tuhan, sehingga seluruh dunia hidup dalam damai sejahtera dan sukacita.

6. Merpati di atas globe (dunia) yang membawa setangkai dengan tiga helai daun di paruhnya ingin menjelaskan, bahwa:
6.1. Kehidupan baru yang dijanjikan oleh Allah di Zaman Nuh, merupakan kehidupan yang senantiasa baru yang dikerjakan oleh Roh Allah di dalam dunia hingga masa kini.
6.2. Allah mengerjakan segala sesuatu (bagi dunia) di dalam Yesus Kristus. Roh Kudus datang dan meneguhkan pekerjaan dan pewartaan Yesus Kristus, karena Roh Kudus adalah Roh Allah dan Roh Kristus (Roma 8).
6.3. Roh Kudus, Roh kehidupan, menolong dan memampukan kita membawa kehidupan baru bagi dunia, sebagai alternative terhadap hidup keduniawian.

7. Akhirnya : Logo ini menggambarkan dan menjelaskan :
1) Reposisi Allah di dalam Yesus Kristus menjadi kabar gembira dan pusat kehidupan dunia.
2) Gereja dimampukan oleh Roh Kudus untuk merubah dan mereposisi pewartaan kabar gembira agar sampai dan menjawab kebutuhan.

3) Reposisi pewartaan kabar gembira harus mempertimbangkan konteks, termasuk revolusi industry 4.0. dalam menghadirkan damai sejahtera dan sukacita.




NYANYIAN TAHUN ZENDING 2020

NYANYIAN TAHUN ZENDING 2020

NYANYIAN TAHUN ZENDING 2020


LIHAT VIDEO DI BAWAH INI
HOLONG I DO PATIK NA IMBARU - Ibadah Minggu VII Dung Trinitatis HKBP (26072020).



Sumber : HKBP Pusat – pengumuman Pemenang pembuatan Logo Orientasi HKBP tahun 2020
loading...

No comments

Powered by Blogger.